Curhat Napoleon ke Syahganda: Saya Jenderal dengan Rumah Terjelek di Indonesia

Curhat Napoleon ke Syahganda: Saya Jenderal dengan Rumah Terjelek di Indonesia

 

eramuslim.com  –  Insinyur Jenderal Napoleon Bonaparte kepada sesama tahanan membuat pengakuan mengejutkan. Menurutnya, dia adalah jenderal dengan harta yang jauh dari kata melimpah. Bahkan, dia adalah satu-satunya jenderal dengan rumah terjelek di Indonesia.

Pengakuan itu disampaikan Napoleon kepada aktivis KAMI Syahganda Nainggolan di penjara. Belakangan, Syahganda sudah bebas Agustus 2021 lalu dari jeratan hukum yang menimpanya.

Syahganda sendiri kerap mendapat informasi karena dia ketika ditahan di rutan Bareskrim Mabes Polri, berada di sebelah sel jenderal Napoleon. Seperti apa jenderal bintang dua itu di mata Syahganda?

Sering curhat ke Syahganda

Dalam sebuah diskusi, bahkan Napoleon pernah menyatakan pada Syahganda kalau dirinya bukanlah orang kaya. Boleh dibilang, dari sekian banyak jenderal, hanya dialah satu-satunya jenderal yang punya rumah buruk.

“Dia bilang dia satu-satunya jenderal dengan rumah terburuk. Dia juga bilang kalau kamu bebas, kamu bisa lihat rumah saya di Condet,” katanya dikutip dalam sebuah webinar, Rabu 22 September 2021.

Di penjara, Napoleon juga dikatakan tak pernah menggunakan pengaruhnya. Eks Kadiv Hubinter Polri itu dikatakan tak pernah sedikitpun makan uang haram di penjara. Padahal perputaran uang haram di penjara bisa Rp500 juta hingga Rp1 miliar per bulan dari kontribusi orang yang baru masuk.