free hit counters
 

Deklarator PAN Nilai Logis Gressrot Hijrah ke Partai Ummat

Redaksi – Jumat, 7 Mei 2021 16:15 WIB

Eramuslim.com – Kehadiran Partai Ummat diprediksi mengancam soliditas akar rumput Partai Amanat Nasional (PAN) yang didirikan Amien Rais.

Salah satu deklarator PAN Sulsel, Buhari Kahar Mudzakkar tidak menampik hal itu. Sejak Amien Rais mendeklarasikan lahirnya Partai Ummat, baginya saat itu juga grassroot PAN punya pilihan hengkang bersama-sama.

“Kalau dalam pendangan saya, PAN itu lahir sebagai anti tesa atas kepemimpinan orde baru melalui momen reformasi,” kata Buhari, Jumat, 7 Mei.

Namun setelah 22 tahun reformasi berlalu, paradigma politik negara terjadi perubahan. Baginya, kondisi itu dipotret, Amien Rais dengan menghadirkan partai baru yang dimensi keummatannya lebih menonjol.

“Itulah yang mendorong saya bergabung dan menerima ajakan ketika saya diminta jadi insiator pembentukan Partai Ummat di Sulsel,” kata mantan Legislator Sulsel dari PAN ini.

Buhari tidak menampik akan banyak kader dari PAN yang akan bergabung seperti halnya yang ia lakukan.



“Logikanya jelas, karena suara gresroot di PAN itu kan haluannya ke Pak Amien Rais, itu nyata,” bebernya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua PAN Sulsel Ashabul Kahfi belum mau menanggapi soal hengkangnya sejumlah senior dan deklarator PAN Sulsel ke Partai Ummat.

Namun dalam beberapa kesempatan, Anggota DPR RI ini menyampaikan pihaknya menghargai pilihan politik tiap orang.

Kahfi sendiri percaya PAN bisa tetap eksis baik di Sulsel maupun secara nasional, meski sejumlah partai baru bermunculan. [Fajar]

Berita Nasional Terbaru