Demo Kecam Film Innocence of Muslims, Massa FUI Lempari Kedubes AS dengan Batu

Demo Kecam Film Innocence of Muslims, Massa FUI Lempari Kedubes AS dengan Batu

Demonstran dari berbagai ormas seperti Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Umat Islam (FUI) menggeruduk Kedubes AS sebagai protes atas film ‘Innocence of Muslims’.

Pantauan detikcom di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (17/9/2012) pukul 15.15 WIB, situasi jauh lebih tenang, setelah seorang pemimpin aksi memerintahkan pendemo agar tenang.

“Laskar, laskar duduk! Malawan bukan dengan emosi,” imbau seorang pemimpin aksi dengan pengeras suara.

Mendengar itu, para demonstran pun menghentikan aksi melempar batu. Beberapa di antara mereka dengan patuh duduk di jalan.

“Perhatikan! Susun saf!” perintah orator yang dituruti para pendemo.

Dari Balaikota DKI yang berlokasi di dekat Kedubes AS, asap dari benda yang dibakar demonstran masih terlihat. Hanya saja asap yang hitam pekat itu, kini telah lebih jernih.

Massa pengunjuk rasa terdiri dari berbagai ormas, di antaranya adalah Front Pembela Islam, Laskar Pembela Islam dan Gerakan Reformasi Islam. Mereka berujuk rasa ke Kedubes AS, sebab pembuat video yang dinilai melecehkan umat Islam itu adalah warga negara AS.

Sebelumnya massa sempat melempari batu ke Kedubes AS, namun saat ini aksi lebih tenang. Polisi bahkan sebelumnya melepaskan gas air mata ke arah massa FPI dan FUI yang berunjuk rasa di depan Kedubes AS. Situasi di depan Kedubes AS memang sempat memanas menyusul aksi pelemparan batu tersebut.(fq/dtk)