Depag Bangun Madrasah Bertaraf Internasional

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, Departemen Agama (Depag) akan membangun madrasah berstandar internasional. Madrasah ini rencanaya akan didirikan Kota Dumai, Provinsi Riau.

“Ini sesuai dengan komitmen Departemen Agama agar madrasah sesuai dengan visinya dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas, ” ujar Kepala Kanwil Depag Riau Drs H. Abdul Gafar Usman dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (22/2).

Dijelaskannya, sebagai langkah awal persiapan pembangunan madrasah itu, pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Kota Dumai pada 16 Februari 2007 lalu. "Dari hasil pertemuan tersebut disepakati bahwa Pemda siap memenuhi segala persyaratan yang diperlukan di antaranya, menyediakan lahan seluas 10 hektar. Juga menyanggupi untuk sharing dana, ” papar dia.

Pihaknya bangga atas dukungan dari pemda setempat. Pasalnya, kendati secara institusi sekolah agama di bawah Depag, terang Gafar, sejauh ini Pemda di Riau baik tingkat satu maupun dua telah memberi dukungan dan bantuan kepada lembaga pendidikan keagamaan seperti madrasah.

“Ada bantuan yang diterima kepada para guru maupun pengawas dalam bentuk dana kesejahteraan guru yang besarnya sama dengan guru umum atau Diknas, ” tuturnya.

Menurutnya, keberadaan madrasah tersebut diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu keagamaan maupun ilmu pengetahuan dan teknologi secara baik, dan mereka dapat bersaing dengan sekolah unggulan yang lain.

Ia menambahkan, para alumnusnya diharapkan juga dapat diterima di berbagai universitas unggulan, minimal di universitas berkualitas di daerah Riau, lalu meningkat di tingkat nasional dan internasional. (dina)