Depsos Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir

Departemen Sosial akan mengutamakan pendistribusian sembilan bahan pokok kepada korban banjir diwilayah Jabodetabek, dan untuk pengiriman langsung akan dilakukan oleh Satuan Koordinasi Pelaksanaan (Satkorlak) penanganan bencana banjir pada masing-masing wilayah.

Demikian disampaikan oleh Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah usai rapat kerja dengan Komisi VIII, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/2).

"Anggaran yang diberikan untuk penanganan banjir akan diberikan dalam bentuk barang-barang, antara lain, beras, mie instan, kecap, dan sebagainya, " jelasnya.

Menurutnya, alokasi dana bencana seluruh Indonesia yang dianggarkan dalam APBN tahun 2007 sebesar 370 milyar rupiah, dalam anggaran itu tidak spesifik disebutkan besaran untuk penggulangan korban banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Anggaran tersebut lebih kecil dibandingkan tahun 2006 yang berjumlah 470 milyar rupiah.

Sementara itu, Dirjen Bantuan dan Jaminan Sosial Depsos Ghazali Situmorang menjelaskan, mulai hari ini Departemen Sosial sudah mendistribusikan 5. 000 kardus mie instan yang setara dengan 200 ribu bungkus, dan juga 100 ton beras untuk disalurkan kepada posko penampungan korban banjir.

"Departemen Sosial sifatnya memberikan support kepada wilayah dengan memperkuat satkorlak wilayah untuk menyebarkan bantuan kepada korban, " katanya. (novel)