Dermaga di Rammang-rammang Ambruk Gegara Kerumunan Rebutan Foto Sandi dan Atta

Insiden kecil ini harus menjadi catatan penting baik dari pengelola dan pemerintah daerah. Termasuk pihak kementerian itu sendiri.

Seperti kata praktisi pariwisata Sulsel, Didi Leonardo Manaba. Ia menyebut kejadian itu harus menjadi perhatian semua pihak.

“Jadi perlu segera dibantu oleh kementerian. Bagus karena dilihat dengan mata kepalanya bahwa itu dermaga kalau kapasitas orang berdiri kalau dia ambruk langsung depan matanya, itu tidak bisa harus langsung di-action,” ujarnya.

Kendati demikian ia menyebut hal ini tidak perlu dibesar-besarkan. Sebab infrastruktur yang ada sudah baik, namun membludaknya pengunjung karena datangnya menteri membuat kekuatan kayu dermaga tersebut tidak dapat menahan beban berlebih.

“Itu juga tidak perlu di besar-besarkan karena memang itu tadi kapasitasnya membludak, ini juga tidak bisa diantisipasi Tawwa,” lanjutnya.

“Sebenarnya kalau tidak over kapasitas tadi siap ji (infrastruktur). Tidak bisa juga dibuat modern karena kayu-kayu begitu lebih menarik supaya ada local wisdom,” pungkasnya. (zaki/fajar)