Dhuar!!! 3 Tahun Berkerja, Puan Ungkap Jokowi-JK Belum Punya “Road Map” Pembangunan SDM

Eramuslim – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengungkap selama ini pemerintahan Jokowi-JK berkerja tidak memiliki “Road Map” Pembangunan SDM Indonesia.

Oleh karena itu, Puan berencana akan segera merancang roadmap pembangunan sumber daya manusia Indonesia.

“Roadmap pembangunan SDM secara besarnya setahu saya belum ada. Karena itu memang harus dibikinnya bukan untuk jangka pendek saja,” ujar Puan di Komplek Istana Presiden, Jakarta, Senin (12/2/2018).

“Jadi bukan parsial, karena sekarang kebutuhan 2019, enggak. Tapi sampai berapa puluh tahun,” kata dia.

Puan akan berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, untuk mewujudkan roadmap tersebut.

Puan menginginkan pembangunan SDM mengarah pada peningkatan kapasitas manusia sekaligus mengoneksikannya dengan dunia industri.

“Pembangunan jenis vokasi yang kemudian terintegerasi dan tersinergi dengan perindustrian. Itu tentu saja harus kita perkuat, kita perlu perbesar,” ujar Puan.

Demi peningkatan SDM, Puan juga berencana mengalokasikan anggaran LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) tak cuma untuk mengirimkan mahasiswa Indonesia untuk mengambil gelar S2 dan S3 di luar negeri, melainkan juga untuk mengirimkan tenaga dosen secara khusus ke luar negeri.

“Bagaimana kita memberikan afirmasi kepada tenaga-tenaga dosen, kemudian profesor dan lain-lainnya itu untuk bisa sekolah ke luar juga dikirim dari luar ke dalam negeri,” ujar Puan.