Di Bawah Jokowi, Indonesia Mesra Dengan Cina dan Syiah Bangun Kilang di Jawa Barat

jokowi-bengongEramuslim.com – Di bawah Jokowi, Indonesia sangat mesra dengan Cina dan Iran yang sudah dikenal dunia sebagai pentolan syiah internasional. Salah satunya direalisasikan dalam  pembangunan kilang di Jawa Barat.

Kepala Persatuan Eksportir Minyak Iran Hassan Khosrojerdi pada Rabu (10/6) menyebut bahwa kilang tersebut diperkirakan bisa memproduksi 150 ribu barel minyam mentah per harinya. Dalam rencana patungan tiga negara itu, Iran sendiri akan memasok bahan baku serta membiayai sebagian keperluan proyek. Sedangkan Tiongkok akan berperan dengan memberikan sekitar 85 persen dana yang dibutuhkan proyek.

“Negosiasi sedang berlangsung dengan Menteri Petroleum Iram Bijan Zangeneh untuk pasokan bahan baku mentah berat di bawah kontrak jangka panjang,” kata Khosrojerdi seperti dimuat Press TV.

Protokol kerjasama untuk menyediakan mentah berat oleh Iran itu ditandatangani pada bulan lalu.

Khosrojerdi menyebut, ada rencana lebih lanjut untuk membangun lima kilang minyak untuk mengolah kondensat gas di Indonesia oleh sektor swasta tiga negara.

Indonesia sendiri diketahui tengah membangun empat kilang, masing-masing dengan kapasitas berkisar antara 300 ribu barel per hari dan 350 barel per hari, untuk memotong ketergantungan pada impor produk minyak.

Total kapasitas penyulingan akan meningkat menjadi 1,68 juta barel per hari dengan target pada tahun 2022 mendatang dari sekitar 800ribu barel per hari saat ini saat keempat kilang yang dibangun itu mulai beroperasi. Proyek-proyek yang digarap bersama Cina dan Iran sangat banyak. Sebab itu umat Islam harus waspada karena penguasa di negeri ini sekarang pelan tapi pasti akan hancurkan negeri ini.(rz)