Dibanding Suharto, Habibie, dan Gus Dur, Wiranto Anggap Jokowi Yang Terbaik

Eramuslim.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Mekopolhukam) Wiranto membeberkan pengalamannya yang pernah menjadi menteri di empat pemerintahan berbeda.

Dari keempat gaya pemerintahan pernah dia alami, Wiranto menganggap pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK) yang terbaik masalah urusan kerja.

“Saya jamin pemerintah Jokowi-JK ini yang paling baik. Tidak ada hari tanpa rapat terbatas,” ujar Wiranto di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Sabtu (27/5).

Salah satu tolak ukur penilaian Wiranto itu dari jumlah rapat yang pernah digelar. Saat Soeharto menjadi orang nomor 1 di Republik ini, kata Wiranto, rapat dilakukan lima kali dalam satu bulan, yang terdiri dari satu rapat paripurna, satu rapat kementerian koordinator, dan satu rapat cadangan.

Beralih ke zaman presiden BJ Habibie, rapat kata Wiranto dilakukan dua kali dalam satu pekan. Sementara itu, pada era presiden Gus Dur, ia merasa rapat dianggap bukan suatu hal yang menjadi rutinitas. Frekuensinya pun tidak teratur.

“Saya pernah usul ke Gus Dur kalau rapat menteri di kementerian Polkam saja, nanti dilaporkan ke presiden. Katanya, ya bagus itu,” kenang Wiranto.

Namun demikian, Jokowi melakukan hal yang berbeda saat memimpin pemerintahan dibanding ketiga presiden sebelumnya. Dalam satu hari, kata Wiranto, presiden Jokowi bisa dilakukan dua hingga tiga kali rapat.

“Jika dikalikan satu bulan, rapat bisa dilakukan sampai 36 kali. Rapat sesuai dengan nama kabinetnya, Kabinet Kerja. Memang benar-benar kerja, kerja, kerja,” tegas Wiranto.

Makanya, Wiranto menyesalkan masih saja ada anggapan bahwa pemerintah Jokowi-JK tidak pro rakyat dan tidak sesuai dengan janji-janji kampanye dulu.

“Ini ngerti enggak sih, coba gantian gitu jadi menteri. Bukannya bela pemerintah, saya bicara jujur, ini bulan puasa. Tidak bohong saya,” demikian Wiranto.

Sebagaimana diketahui dibawah Presiden Soeharto, Wiranto adalah Menteri Pertahanan dan Keamanan. Di zaman orde baru itu juga, dia sempat menduduki jabatan Panglima Besar ABRI hingga pemerintahan beralih ke B.J. Habibie.

Saat era presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Wiranto pun dipercaya sebagai Menteri Koordinator bidang politik dan Keamanan yang kembali ia jabat di era Presiden Jokowi.(jk/rmol)

Ooo, ternyata standar bagus dan tidaknya pemerintahan itu tergantung banyak tidaknya rapat ya Pak Wir, bukan hasilnya terhadap rakyat…

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm