Diduga Punya Agenda Lain, PKS Minta Prabowo Waspadai Gerak-gerik Misionaris di Papua

Eramuslim.com – Perwakilan fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto agar lebih memperhatikan keberadaan misionaris atau pemuka agama di Papua. Dia mengaku khawatir para pemuka agama ini justru melakukan misi selain menyebarkan agama.

Jazuli menyampaikan itu dalam Rapat Kerja perdana antara Komisi I dengan Prabowo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/11).

“Maaf Pak Menhan kita tidak ingin singgung sesuatu sensitif di Papua, itu banyak juga pesawat yang angkut misionaris, pihak (pengamanan) Papua kesulitan cek ini,” ucap Jazuli.

Jazuli menegaskan bahwa dirinya tidak cemas dengan misi penyebaran agama tertentu di Papua karena bukan itu yang dikhawatirkan.

Dia mengatakan pihaknya khawatir ada misionaris agama yang datang ke Papua, namun memiliki misi tertentu. Menurutnya, dalam menjaga dan memelihara situasi keamanan yang kondusif di Papua, Prabowo patut memantau para misionaris di tanah Cenderawasih.

“Yang kita khawatirkan (bukan) soal orang sebar agama tetapi yang kita khawatir ada orang atas nama misionaris tapi simpan agenda lain di Papua itu yang jadi biang kerok, bisa jadi, kita tidak boleh tuduh, tapi harus diperiksa,” jelasnya.

Lihat juga: Di DPR, Prabowo Sebut Pertahanan Indonesia Banyak Kekurangan

Jazuli juga menyarankan Prabowo agar menambah pasukan di wilayah Papua. Tentu dalam rangka menjaga keamanan di sana agar selalu kondusif.

Penambahan personel dinilai perlu mengingat wilayah Papua yang begitu luas.

“Perlu ditambahkan jumlah personel, misalkan menurut saya dilihat dari luas dan tantangan yang begitu besar kalau kesejahteraan otomatis karena di sana kemahalan harga,” kata dia. [cnn]