Diisi 6 Segmen, Begini Alur Debat Capres Kedua

Eramuslim – Joko Widodo dan Prabowo Subianto akan melaksanakan debat capres kedua. Debat kedua capres ini bertema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam.

KPU terus memantapkan persiapan jelang debat capres kedua yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Minggu (17/2) malam. Rencananya debat capres kedua dibagi menjadi 6 segmen.

“Jadi segmen pertama adalah penyampaian visi-misi program masing-masing kandidat,” kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan kepada detikcom, Sabtu (16/2) malam.

Wahyu mengatakan di segmen kedua dan ketiga para kandidat diminta untuk memperdalam visi-misi dan program masing-masing yang berkaitan dengan tema debat. Dalam segmen ini para kandidat akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun tim panelis.

“Dengan pertanyaan dengan yang disusun oleh panelis yang disampaikan oleh moderator,” ujar Wahyu.

Pada segmen keempat, KPU menamainya segmen eskploratif. Wahyu menjelaskan dalam segmen ini kedua kandidat diberikan pertanyaan melalui tayangan video.

“Keempat kita menamai sesi eksploratif. Jadi sesi ini nanti akan ada soal dari panelis yang dibuat video pendek untuk kemudian ditayangkan dan kemudian kita minta kandidat untuk menanggapinya,” jelasnya.

Wahyu menambahkan untuk segmen kelima yaitu segmen inspiratif. Ia mengatakan dalam segmen ini kedua kandidat diberikan waktu untuk saling tanya jawab satu sama lain. Kemudian segmen keenam penutup.