free hit counters
 

Dijanjikan Jokowi, Petani: Tak Ada Tol Laut di Tarakan

zahid – Jumat, 4 Januari 2019 16:00 WIB

Eramuslim – Sukirman, petani rumput laut di Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, mengeluhkan harga jual komoditi tersebut saat berdialog dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (4/1/2019).

Menurut Sukirman, harga rumput laut jarang sekali menguntungkan petani.

“Naik paling tinggi dua ratus rupiah Pak, tapi kalau turun sampai seribu rupiah. Belum lagi alat-alat untuk budidaya rumput laut, seperti tali. Jadi harga produksi dengan harga jual kadang sangat tidak masuk,” jelas Sukirman.

Hal lain yang membuat para petani budidaya rumput laut berjalan di tempat, adalah belum adanya industri pengolahan untuk bahan baku yang bisa menjadi produk turunan kosmetik, pangan, tisu, saus, dan tekstil ini. Petani Rumput laut Pantai Amal, hanya menjual bahan mentah ke Surabaya atau Makasar, untuk di olah.

Menurut Sandi, ini yang membedakan pemerintahan sekarang dan nanti. Jika masyarakat Indonesia memutuskan untuk memilihnya bersama Prabowo Subianto sebagai Presiden dan Wakil Presiden, dia memastikan akan fokus  pada ekonomi rakyat.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus