Dinilai Tak Sigap Tangani Korona, Menkes Terawan Didesak Mundur

Eramuslim.com – Wabah Corona di Indonesia semakin menggejolak saat melihat jumlah kasus yang terus melonjak. Lebih dari sebulan ini tercatat 1.790 orang terinfeksi, dan 170 diantaranya meninggal dunia. Padahal, sejak awal, pemerintah sangat yakin Corona tak masuk Indonesia.

Di antara yang berkeyakinan seperti itu adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dia meyakini bahwa Corona yang bermula dari Wuhan China ini akan mudah dicegah, bahkan dokter tentara itu pernah berujar agar warga sehat tak perlu memakai masker. Belakangan, Terawan justru mengingkari ucapannya itu saat ia ketahuan menggunakan masker ketika mengurus alat-alat kesehatan di lapangan terbang Halim Perdanakusuma.

Melihat sejumlah absurditas itu, Deklarator Jaringan Intelektual Berkemajuan (JIB), David Krisna Alka, mendesak Terawan untuk mundur dari jabatannya. Alasannya, karena Terawan terlihat tidak mampu bahkan acuh menangani wabah Corona.

“Presiden Jokowi perlu segera ganti menteri kesehatan, atau menkes mengundurkan diri. Dalam situasi darurat ini, sangat dibutuhkan sosok menkes yang betul-betul cepat tanggap sehingga presiden Jokowi perlu segera mencari penggantinya demi kredibilitas presiden dan kemanusiaan umat Indonesia,” ucap David dalam siaran persnya, Jumat (3/4).