Disuntik Vaksin Difteri, Puluhan Siswa Ini Malah Kejang-kejang dan Muntah

Eramuslim.com – Puluhan siswa di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, kejang-kejang, muntah bahkan pingsan, setelah di imunisasi vaksin difteri, Sabtu (10/2/2018).

Peristiwa tersebut berawal saat Puskesmas Kadur melakukan program outbreak response immunization (ORI) Sabtu (10/2) sekitar pukul 09.00.

Kegiatan itu dilaksanakan di sepuluh pos atau titik. Dua di antaranya di lembaga pendidikan Al-Falah dan MTs Hidayatul Mubtadiin. Dua lembaga itu berada di Kecamatan Kadur.

Malam setelah imunisasi sekitar 15 siswa kejang-kejang, pusing, dan ada yang muntah-muntah. Mereka kemudian dilarikan ke puskesmas. Pelajar yang mengalami dampak imunisasi terus bertambah hingga pagi.

Situasi puskesmas yang tenang pun pecah. Orang tua siswa berteriak dan menangis tersedu-sedu. Beberapa ambulans pun lalu lelang mengantarkan korban ke puskesmas dan RSUD. Sebagian di antara mereka ada yang diperkenankan pulang ke rumah masing-masing.

Yuliatin, siswa Al-Falah, mengaku sebelum berangkat sekolah tidak mengalami gejala apa-apa. Tapi saat berada di sekolah, tiba-tiba dia pusing dan mual. ”Saya muntah-muntah terus,” terang remaja 14 tahun itu terbata-bata saat ditemui di Puskesmas Kadur.

Beberapa di antara siswa harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Slamet Martodirdjo. Puskesmas tidak mampu menangani mereka. Penanganan yang dilakukan hanya menginfus.

Siswa Al-Falah yang akan mengikuti program tersebut 387 orang. Mereka terdiri atas pelajar SMP, MTs, SMA, dan MA. Namun, yang ikut hanya 324 siswa.