Ditolak UGM, UAS Tenang: Kalo Saya Marah, Umat Meledak!

Eramuslim – Penceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) menuturkan alasannya tak emosi atau marah terkait pembatalan kuliah umum yang sebelumnya direncanakan digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Diketahui, UGM membatalkan kuliah umum yang akan diisi oleh UAS di Ruang Utama Masjid Kampus UGM pada Sabtu (12/10/2019) lalu.

Saat itu, UAS direncanakan menjadi pengisi materi kuliah umum bertajuk Integrasi Islam dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK): Pondasi Kemajuan Indonesia.

Dikutip redaksi dari wawancara eksklusif salah satu stasiun televisi swasta pada Senin (14/10/2019), UAS memilih untuk tidak marah atas penolakan UGM padanya.

Ia berkata, apabila dirinya marah, nantinya umat muslim bisa marah berkali lipat.

“Kalau kemudian kita marah-marah, ngamuk-ngamuk, masalah tak selesai. Kalau saya marah sekali, umat akan marah tiga kali. Sekali hentakan, gelombangnya luar biasa,” ujar UAS.

Ia pun menuturkan untuk menyerahkan seluruhnya kepada Allah.

“Oleh sebab itu, maka kita serahkan kepada Allah subhanallahu wata’ala. Tapi tetap ada usaha, tetap ada ikhtiar,” katanya.

Mengenai para panitia acara di UGM, UAS berharap tak ada kekecewaan yang mendalam atas ketidakhadirannya.

“Mudah-mudahan adik-adik yang membuat program itu tetap semangat, jangan sampai dia down,” katanya.

“Kalau dia down ‘Ah saya sudah tobat, saya sudah berhenti pacaran, ustaz begini (tak jadi datang ke UGM), mabuk lagi’, ah kacau kita,” ujarnya tertawa.

Penceramah yang tengah mengenyam bangku kuliah S3 di Sudan ini pun berseloroh mengenai dosa yang ditanggungnya.