Dituding Tersangkut Korupsi dan Skandal, Paus Terima Pengunduran Diri Uskup Indonesia

Eramuslim – Paus Fransiskus dikabarkan telah menerima pengunduran diri seorang uskup Indonesia yang diduga menjalin hubungan intim dengan seorang perempuan dan mengambil dana gereja.

Uskup Ruteng, Hubertus Leteng, sebelumnya dengan tegas membantah melakukan apa yang dituduhkan kepadanya. Dan tanpa menjelaskan alasannya, Uskup Leteng pada akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin pastoral di Keuskupan Ruteng, Rabu (11/10).

Di usianya yang menginjak 58 tahun, Leteng mengakhiri posisi keuskupannya lebih cepat 17 tahun sebelum masa pensiunnya tiba.

Sebelumnya Vatikan telah menyelidiki laporan-laporan yang menyebutkan bahwa Uskup Leteng secara diam-diam meminjam uang sebesar US$ 94.000 atau sekitar Rp 1,2 milyar dari Konferensi Waligereja Indonesia atau KWI.

Uskup Leteng juga diduga telah mengambil uang sebesar US$ 30.000 atau sekitar Rp 400 juta dari keuskupannya.

Hampir 70 pastur dilaporkan mengundurkan diri pada Juni lalu untuk memprotes apa yang dituduhkan terhadap Leteng – mengarah ke upaya penyelidikan oleh Vatikan.

Namun demikian, Uskup Leteng menyatakan dana tersebut digunakan untuk mendidik kaum muda yang miskin. Uskup Leteng juga menegaskan bahwa tudingan dirinya memiliki hubungan dengan wanita adalah fitnah.

Vatikan sendiri tidak mengungkap mengapa Uskup Leteng pensiun dini. Vatikan juga tidak mau mendiskusikannya. (Bbc/Ram)