Dituduh Ajak Warga Pindah Agama, Ulama di India Ditangkap

Eramuslim.com – Seorang ulama di India ditangkap atas tuduhan mengajak warga lain berpindah agama dan memeluk Islam. Maulana Umar Gautam ditangkap bersama dengan rekan-rekannya karena diduga menjadi bagian dari kegaduhan perpindahan agama nasional.

Muslim India sedang shalat berjamaah di Masjid

Gautam lahir di keluarga Thakur di Fatehpur pada 1964 dan kemudian memeluk Islam di bawah pengaruh teman-teman Muslimnya saat melanjutkan studi yang lebih tinggi (BSc dan MSc Pertanian) di Nainital pada 1984.

Gautam (57) dan Jahangir Alam (52) merupakan warga Jamia Nagar di New Delhi, India.

Keduanya ditangkap oleh Pasukan Anti-Terorisme (ATS) Uttar Pradesh pada Senin (21/6) karena dugaan keterlibatan mereka dalam perpindahan agama skala besar ke Islam yang disebut ilegal di Uttar Pradesh dan negara bagian India lainnya.

ATS mengklaim upaya mengajak pindah agama itu diduga didanai oleh organisasi internasional, termasuk badan intelijen Pakistan ISI, untuk mengajak anak-anak berkemampuan khusus dan kelompok masyarakat rentan lainnya.

Menurut polisi, Gautam terlibat dalam upaya mengajak berpindah agama pada lebih dari 1.000 orang dalam 18 bulan terakhir.

Polisi mengatakan nama asli Umar Gautam adalah Shyam Prakash Singh Gautam, putra Dhanraj Singh Gautam.

Dia adalah anak keempat di antara enam bersaudara, yakni Udai Raj Singh Gautam, Udai Pratap Singh Gautam, Udai Nath Singh Gautam, Shyam Prakash Singh Gautam, Shri Nath Singh Gautam dan Dhruv Singh Gautam.

“Anggota keluarga tidak memiliki hubungan dengan Shyam Prakash setelah dia memeluk Islam hampir 37 tahun yang lalu,” kata kakak tertua keduanya Udai Pratap Singh Gautam, yang tinggal di Fatehpur, dilansir di Hindustan Times, Rabu (23/6).