DKI Bangun Jalur Sepeda Permanen di Senayan-Thamrin

Eramuslim.com – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pembangunan jalur sepeda permanen di Senayan-Thamrin, Jakarta Pusat. Ditargetkan selesai pada Maret. Anggaran untuk jalur tersebut berkisar Rp30 miliar.

“Saat ini sudah dalam proses konstruksi dan kita harapkan selesai bulan Maret, anggarannya sekitar Rp 30 miliar,” ucap Syafrin di Balai Kota, Rabu (24/2).

Dia menyebutkan, anggaran yang digunakan untuk pembangunan jalur sepanjang 11,2 km itu tidak menggunakan APBD DKI. Tapi juga dari pihak swasta. “Dari kompensasi pihak ketiga,” kata Syafrin.

Syafrin mengingatkan, kendaraan bermotor roda dua dilarang keras melintas di jalur sepeda. Sebab, sudah ada jalur khusus bagi kendaraan bermotor. Dia mengimbau agar para pengendara motor tidak melintas di jalur khusus sepeda.

“Pada prinsipnya Jakarta menyediakan ruang lalu lintas untuk berbagi,” ucapnya.

Untuk diketahui, menurut Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno, jalur sepeda di Jakarta harus memenuhi lima syarat agar bermanfaat dan berkualitas serta mencapai tujuan yang diharapkan.