Doa Selamat Dari Segala Musibah, Termasuk Gempa dan Tsunami

Eramuslim – Kita wajib bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah menganugerahkan Negeri yang sangat indah dan subur, termasuk menciptakan cincin api di bawah tempat kita berpijak, yaitu barisan gunung berapi dan lempengan bumi yang dinamis, sehingga secara alami memang rawan terjadi gempa bumi.

Maka, kita harus berikhtiar untuk menghadapi fenomena tersebut. Ikhtiar dzahir kita lakukan dengan ilmu mitigasi bencana, arsitektur tahan gempa, sistem peringatan dini, dan sebagainya.

Sementara Ikhtiar bathin kita lakukan dengan cara banyak bertaubat dan berdoa kepada Allah, salah satunya dengan doa yang sebenarnya sering di baca oleh khotib saat shalat Jum’at.

Berikut doanya:

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Ya Allah! Angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Alloohumma Innaa Nas-Aluka Salaamatan Fid Diini Wa ‘Aafiyatan Fil Jasadi Wa Ziyaadatan Fil ‘Ilmi Wa Barokatan Fir Rizqi Wa Taubatan Qoblal Mauti Wa Rohmatan ‘Indal Mauti Wa Maghfirotan Ba’dal Mauti

Artinya : Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Demikian doa yang bisa kita baca, semoga Allah memberi keselamatan kepada kita semua dan bangsa ini. (vv)

 

Oleh: Fauzan amin, S.THI

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia