Duh, Polisi Uzbekistan Paksa Pria Muslim Cukur Jenggot

Mencukur jenggot
Mencukur jenggot

eramuslim.com — Polisi di Uzbekistan telah memaksa puluhan pria Muslim untuk mencukur jenggot mereka. Menurut laporan Radio Free Europe/Radio Liberty (RFE/RL), selama beberapa pekan terakhir, polisi melakukan pemanggilan terhadap beberapa pria Muslim di kota Yangiyul yang terletak sekitat 20 kilometer selatan ibukota, Tashkent.

Seorang aktivis lokal, yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan, dalam sebulan terakhir sebanyak 22 pria muslim di kota Yangiyul. mencukur jenggot mereka karena terpaksa. Aktivis tersebut menambahkan bahwa desakan untuk mencukur jenggot merupakan praktik penekanan yang sistematis dari Rezim.

“Hanya pria religius yang dipaksa untuk mencukur jenggot mereka,” ujar aktivis itu, dilansir Middle East Monitor, Jumat (26/11).

Seorang warga Yangiyul mengatakan kepada RFE/RL, polisi memaksa mereka mencukur jenggot karena terlihat seperti teroris. “Kami menumbuhkan jenggot karena ini sejalan dengan tradisi Nabi Muhammad. Itu melanggar hak kami,” ujarnya.

Kebijakan tersebut telah dikritik oleh kelompok hak asasi selama beberapa tahun. Namun paksaan untuk mencukur jenggot bagi pria Muslim semakin meningkat, sebagai upaya pemerintah untuk menekan Islam radikal.