Belum Ada Sejarahnya Vaksinasi Bisa Hentikan Pandemi!

Eramuslim.com – Mantan Menteri Kesehatan Prod. Dr. dr. Siti Fadilah blak-blakan soal wabah virus corona yang makin menggila. Menurutnya belum ada sejarahnya vaksinasi dapat menghentikan Pandemi Covid-19.

Dia menilai vaksinasi merupakan percobaan pertama di dunia untuk menghentikan Covid-19.

ā€œBelum ada ceritanya atau sejarahnya bahwa vaksinasi itu akan menghentikan pandemi,ā€ kata Siti Fadilah dikutip TV One, Senin (28/6/2021).

Eks Menkes era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyarankan lebih fokus kepada bagaiamana meningkatkan daya kekebalan tubuh.

ā€œSuatu pengalaman yang didapat pada waktu Spanish flu dulu. Di mana 70 persen populasi di Spanyol ternyata sudah mempunyai kekebalan,ā€ katanya.

Langkah yang bisa ditiru atas kesus tersebut, bagaimana memberlakukan kesadaran atas kekebalan tubuh pada populasi di Indonesia.

Menurut Siti Fadilah., teori yang ada, pademi seharusnya difokuskan pada terapi atau pengobatan untuk menurunkan Risk Fatality Rate.

ā€œMisalkan risk fatality rate bisa nol, walaupun menular tapi tidak menimbulkan kematian maka itu sangat berbeda,ā€ jelas Siti Fadilah. (genpi/fajar)