Esemka Terlihat Mengaspal di Solo, Lha Kok Mirip Mobil Cina?

Eramuslim.com -Lama hilang, mobil ESEMKA yang dulu jadi simbol Jokowi kembali jadi perbicangan. Kali ini mobil ESEMKA muncul lewat model pikap kabin ganda yang terlihat mengaspal di Kota Solo, Jawa Tengah.

Penampilan mobil ESEMKA DIGDAYA diunggah oleh Didik Wahyudhi di akun facebooknya yang bikin heboh. Dalam kolom komentar dia menjelaskan bahwa foto itu ia dapat dari seorang kawan di Solo. Sebagaimana terlihat pada foto, mobil itu berwarna putih dengan tulisan ESEMKA DIGDAYA di sebelah kiri dan mengenakan plat nomor putih `AD 9130 XO` (AD adalah plat untuk Solo).

Netizen pun berkomentar. Ada yang kemudian menyandingkan mobil ESEMKA DIGDAYA tersebut seperti hanya ganti merek (rebadge) dari produk mobil China.

Berdasarkan penelusuran, mobil ESEMKA DIGDAYA mirip dengan pikap kabin ganda yang didesain dan diproduksi oleh pabrikan mobil china Guangdong Foday Automobile (GFA).

ESEMKA DIGDAYA itu sangat mirip dengan produk pikap kabin ganda F22 (Foday Lion F22 Pickup Truck). Kalau dilihat dari foto yang beredar di media sosial Facebook secara jelas terlihat bahwa mobil itu memang hanya mengganti emblem saja.

Link: http://fodayauto.gmc.globalmarket.com/products/details/fashionable-double-cabin-pickup-truck-9437295.html

GFA merupakan pabrikan otomotif berbasis di Kota Foshan, Provinsi Guangdong, China. Perusahaan itu mengklaim memiliki 2.000 pekerja, termasuk 20 persen di antaranya ada teknisi andal. Tak cuma fokus memproduksi, mereka juga memiliki pusat riset dan pengembangan produk sendiri.

Sementara itu, DIGDAYA sendiri bukanlah barang baru. Nama ini menjadi salah satu dari sejumlah model yang dikembangkan ESEMKA. Saat hal ini dikonfirmasi ke PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH), sayangnya belum ada ada respons didapat.

Sebagaimana diketahui, PT (ACEH) merupakan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menjadi pihak yang meneruskan kelangsungan hidup merek Esemka.(kl/pi)