Euforia Rakyat Cianjur, Miniatur Euforia Pilpres 2019

Eramuslim – Sebegitu kesalkah rakyat Cianjur (Jawa Barat) terhadap bupati mereka sehingga mereka merayakan OTT KPK terhadap sang bupati, Irvan Rivano Muchtar?

Pasti! Tak mungkinlah warga tumpah-ruah ke pendopo kabupaten dalam jumlah ribuan, menggelar makan bersama sambil bersorak-gembira seakan merayakan kemenangan, kalau perasaan ‘mau muntah’ mereka tidak mencapai stadium empat. Tak mungkin warga Sunda yang selalu halus dan sopan akan ‘menggitukan’ bupati mereka kalau Pak Irvan Muchtar tidak berbuat keterlaluan.

Peristiwa eforia Cianjur ini belum pernah terjadi sepanjang sejarah KPK menangkap pejabat tinggi. Bahwa ada segmen masyarakat yang senang mendengar bupati atau gubernur mereka diborgol KPK, hampir pasti terjadi di mana-mana. Tetapi, menampakkan kegembiraan dalam bentuk syukuran makan bersama dalam jumlah ribuan orang, masyarakat Cianjur mencatatkan rekor baru.

Tidak hanya makan bersama, para supir angkot Cianjur menunjukkan ‘solidaritas senangnya’ dengan cara menggratiskan penumpang yang naik. Tentu tidak keliru menyebut rasa kesal rakyat telah mencapai puncak.