Fadjroel: Jokowi Keukeuh Ingin Selesaikan Proyek Ibukota Baru

Eramuslim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada intinya ingin menyelesaikan semua program yang sudah menjadi janji politiknya saat Pilpres 2019 lalu. Demikian halnya soal rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Begitu kata Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman saat menjadi narasumber dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya bertajuk “Membaca Arah Koalisi Pemerintah” Sabtu siang (28/8).

“Jadi Pak Jokowi ini ingin menyelesaikan itu, termasuk di antarannya adalah ibu kota negara (IKN) karena itu bagian dari janji beliau,” kata Fadjroel.

Fadjroel menuturkan, IKN itu bagian dari transformasi struktural yang selama 7 tahun terakhir ini menjadi obsesi dan janji kampanye dari Presiden Jokowi yaitu disebut dengan visi Indonesia sentris. Jokowi, kata Fadjroel, ingin merombak ketimpangan antar wilayah agar terjadi pemerataan

“PDB Jawa itu 60 persen, terakhir sebelum pandemi sudah agak sedikit berkurang ke 58 persen. Di masa pandemi naik lagi ke 59 persen. Kemudian Sumatera itu 22 persen PDB-nya,” katanya.