Fadli: Bagaimana Mau Mindahkan Ibukota, Atasi Kebakaran Hutan Saja Tidak Bisa…

Eramuslim.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Fadli Zon menilai, pemerintah tidak mampu mengatasi masalah kebakaran lahan dan hutan di berbagai tanah air.

“Bagaimana memindahkan ibu kota, mengatasi kebakaran hutan saja tidak bisa, dan bisa saja ibu kota baru itu bisa terjadi terdampak asap. Ini akan menimbulkan masalah baru,” kata Fadli Zon di acara ILC tvOne, Selasa malam, 17 Septemeber 2019.

Kedua, bagaimana penegakan hukum dan regulasi terkait Karhutla. Dia tidak melihat komitmen pemerintah terutama dalam mengeksekusi keputusan Mahkamah Agung.

Ia menyebutkan, bahwa 99 persen kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kalimantan, Jambi dan Sumatera ini akibat ulah manusia.

“Apalagi kebakaran hutan ini diduga ada unsur kesengajaan ini bahkan diduga ada oknum korporasi,” ujarnya.

Fadli menilai, persoalan Karhutla ini kurang ketegasan leadership dari Presiden Joko Widodo itu sendiri. Sebab, Jokowi sering marah terkait masalah Karhutla tapi kebakaran Karhutla masih saja terus terjadi setiap tahunnya.

“Persoalannya leadership kepemimpinan nasional, harusnya presiden marah sekali, tapi kebakaran hutan terus,” katanya. [vn]