Fadli Soroti Video Lawas Dirjen Kemendikbud Hilmar Farid soal PKI

Eramuslim.com – Anggota Komisi I DPR Fadli Zon menyoroti video yang menampilkan Hilmar Farid–saat ini Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)–ketika diwawancarai soal sejarah Kiri di Indonesia.

Fadli Zon (Tsarina/detikcom)

Fadli Zon menyebut Hilmar Farid terkesan menyalahkan Orde Baru soal PKI.

Video yang dimaksud yakni berjudul ‘Kaum Kiri dalam Historiography Orde Baru’ yang diunggah salah satu akun YouTube pada Desember 2011.

Video berdurasi 5 menit 3 detik tersebut menampilkan wawancara Hilmar Farid yang saat itu menyandang atribusi sejarawan Universitas Indonesia Hilmar Farid.

Hilmar Farid diwawancarai tentang sepak terjang kalangan Kiri dan kasus tahun 1965 yang berdampak dalam perjalanan kebangsaan Indonesia.

Wawancara Hilmar Farid ini diunggah Mustofa Nahrawardaya kemudian dikomentari Fadli Zon. Fadli Zon mengkritik pernyataan Hilmar Farid dalam wawancara tersebut.

“Dalam soal PKI, Dirjen Kebudayaan ini jelas bela sejarah versi PKI, menyalahkan Orde Baru dan TNI. Tak akui PKI lakukan kudeta, malah PKI sebagai korban,” kata Fadli Zon dalam cuitan yang dibagikan kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).