Faisal Basri: Kereta Cepat Cina Itu Limbah, Indonesia Jangan Mau Didikte

faisalEramuslim.com – Ekonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengatakan, Indonesia jangan mau dijadikan tempat “pembuangan sampah” China terkait proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Saat ini, mereka kelebihan kapasitas sehingga kesulitan membuang hasil industrinya.
Menurutnya, saat ini terjadi kelebihan kapasitas pada industri di China. Karena itu, mereka harus membuang kelebihan kapasitas tersebut ke seluruh dunia, salah satunya dengan ikut proyek prestisius kereta cepat.
“Terjadi massive over capacity dari industri (China), dia harus salurkan itu kelebihan kapasitasnya ke seluruh dunia. Jangan mau kita buat buang sampahnya Tiongkok dong,” katanya di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (22/1/2016).
Seperti diketahui, sebanyak 60% pembiayaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hasil pinjaman lunak China Development Bank (CDB). Sisanya dibiayai Indonesia melalui konsorsium kereta cepat.
Atas dasar itu, Faisal meminta pemerintah agar tidak terlena dengan pinjaman yang diberikan Negeri Tirai Bambu tersebut. Pasalnya, saat ini kondisi perekonomian China tengah dalam kondisi yang kurang baik. “Tiongkok itu kan ekonominya sedang terjerembab,” ucap dia.
Selain itu, China juga sedang dihantui demonstrasi dan pemogokan para buruh dan kalangan menengah. Mereka meminta kenaikan upah yang lebih tinggi. “Itu karena growing middle class-nya enggak bisa ditekan terus oleh Partai Komunis. Karena itu, mereka minta upah lebih tinggi,” tandasnya.
Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin telah meresmikan pembangunan proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung di Kota Walini, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Proyek ini merupakan kerja sama business to business (b to b) antara Indonesia dengan China.(ts/sindo)