Fakta Mudik Era Jokowi yang Masuk Dalam Catatan Sejarah

Eramuslim – Pulang kampung menjadi momentum paling ditunggu saat lebaran tiba. Setiap tahun mudik menjadi tradisi wajib bagi masyarakat, khususnya yang ada di perkotaan untuk kembali ke kampong halaman.

Meski begitu banyak hal terjadi ketika arus mudik dan balik yang terjadi di era terakhir kepemimpinan Jokowi-JK, dimana di musim mudik 2018 ini terdapat sejumlah fakta unik yang masuk dalam catatan sejarah mudik di Indonesia. Berikut fakta-faktanya:

One way terpanjang 182 Km dari tol Cikampek hingga Kanci

Kemacetan akibat tingginya volume kendaraan pemudik tidak hanya terjadi di Jalan Tol Jakarta – Cikampek tapi hingga tol Cikopo – Palimanan atau Cipali. Pihak Kepolisian dan PT. Jasa Marga terpaksa memberlakukan sistem satu arah atau one way mulai Tol Cikampek Kilometer 53 dan Tol Cipali hingga Kanci. Ini menjadi catatan sejarah one way terpanjang yakni 182 kilometer (Km).

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengatakan, Kepolisian Daerah Jawa Barat memberlakukan sistem satu arah sepanjang Tol Cikampek sampai Tol Cipali. Rekayasa arus Lalu lintas sistem satu arah dilakukan untuk mengurai kemacetan akibat meningkatnya kendaraan pemudik dari Jakarta mengarah Jawa Tengah.

“Sejak pukul 16.45 Wib sudah dilakukan one way dari Tol Cikampek di Km 53 sampai Tol Kanci Km 235,” kata AKBP Slamet Waloya, Rabu (13/6) malam.