FIFA Resmi Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

 

eramuslim.com – FIFA secara resmi membatalkan Indonesia sebagai pihak tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Kabar ini diumumkan oleh FIFA melalui situs resmi mereka pada Rabu (29/3) malam.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia [PSSI] Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” ucap FIFA dalam situs resmi FIFA.com.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022,”

“Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat,” kata FIFA.

Pada hari Rabu (29/3), Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar untuk membahas masalah yang dihadapi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun, sebelum acara tersebut, ada kontroversi tentang keikutsertaan timnas Israel U-20.

Beberapa pihak menentang Israel bermain di Indonesia karena tidak ada hubungan diplomatik antara kedua negara. Namun, banyak juga pihak yang tidak mempermasalahkan Israel bermain di Indonesia karena ini adalah kegiatan olahraga yang diselenggarakan oleh FIFA.

Presiden RI Joko Widodo akhirnya mengambil tindakan terkait kontroversi tersebut. Ia menyatakan bahwa Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel secara prinsip.

Namun, untuk Piala Dunia U-20, Indonesia harus mengikuti aturan organisasi sepak bola dunia. Oleh karena itu, Joko Widodo mengirim Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk menemui Presiden FIFA Gianni Infantino untuk mencari solusi terkait masalah tersebut.

Sebelumnya, penolakan terhadap kedatangan timnas Israel U-20 ke Indonesia datang dari berbagai pihak, termasuk pemerintah.

Gubernur Bali I Wayan Koster menentang kedatangan Israel ke Bali menjelang drawing Piala Dunia U-20 2023 pada Jumat (31/3). Penolakan ini dianggap sebagai kegagalan Indonesia dalam memberikan jaminan keamanan bagi negara peserta.

FIFA akhirnya memutuskan untuk membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada akhir pekan lalu. Pembatalan ini menimbulkan spekulasi tentang nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan kemungkinan sanksi dari FIFA.

 

(Cnnindonesia)

Beri Komentar