Figur Lain Tak Sanggup, Demokrat Sebut Hanya AHY yang Bisa jadi Cawapres Anies

eramuslim.com – Andi Arief, Ketua Bappilu Partai Demokrat, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengkaji terhadap nama-nama yang masuk dalam bursa cawapres Anies Baswedan

Dia mengatakan bahwa dia telah berkomunikasi dengan figur tersebut, tetapi mereka tidak menyanggupi untuk menjadi cawapres Anies Baswedan. Hanya Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang telah menyatakan kesiapannya.

“Semua jawaban para figur di luar mas ketum (AHY) menyatakan tidak sanggup memenuhi persyaratan. Kesimpulannya ketum AHY yang memenuhi kesanggupan dan persyaratan menjadi cawapres Anies,” kata Andi Arief melalui keterangan tertulis, Jumat (9/6).

Dia pun menegaskan, dorongan Partai Demokrat untuk mengusung AHY bukan semata-mata karena AHY merupakan ketua umum dan anak dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tetapi, karena hanya AHY yang siap menerima tantangan dan memenuhi persyaratan menjadi pendamping Anies di Pilpres 2024.

“Sekali lagi bukan karena semata AHY adalah ketum kita dan sebagai putra pak SBY. Tapi memang figur-figur lain tak sanggup. Hanya ketum AHY yang sanggup menerima tantangan rakyat membawa aspirasi perubahan dan perbaikan,” imbuh dia.

 

Anies Sudah Kantongi Cawapresnya

Capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan telah mengantongi satu nama Cawapres. Namun, nama tersebut akan diumumkan di waktu yang tepat.

“Nah kalau ditanya status saat ini kita sudah selesai, berdinamika, berdiskursus, berwacana, mengenai wapres. Sekarang nama itu sudah dipegang, disimpan Pak Anies dan pada waktunya tentu akan diumumkan,” kata Sudirman saat jumpa pers, Rabu (7/6).

Menurutnya, Anies saat ini sudah bukan lagi pada masa memilih siapa sosok cawapresnya. Namun, kini tinggal menentukan momen pengumuman cawapres termasuk fokusnya menyampaikan esensi pemilu.

“Tentu kita harus beri kesempatan kepada Pak Anies untuk mencari momentum hari-hari yang baik untuk disampaikan pada publik. Sekarang ini kami tidak lagi bicara cawapres, fokus pada esensi pemilu bagi Koalisi Perubahan adalah sirkulasi demokrasi, tapi juga bagi kesempatan besar,” ucapnya.

Sudirman pun menanggapi bahwa pihaknya akan mengunci rapat-rapat siapa sosok cawapres. Dengan memberikan kesempatan pada Anies kapan waktu yang tepat untuk diumumkan.

“Gini kalau sesuatu terbuka semua enak enggak dilihat? Saya kasih teka teki. Jawaban saya adalah ‘kita beri kesempatan Pak Anies untuk menyimpan baik’ biar punya waktu terbaik untuk menjelaskan pada publik mau di dalem mau dari luar terserah,” katanya.

 

Sosok Cawapres Anies

Sementara, kriteria cawapres yang akan diumumkan Anies dipastikan sesuai dengan lima kriteria sesuai piagam kerja sama tiga partai, Demokrat, PKS, dan NasDem yang ditandatangani Ketua Umum (Ketum) masing-masing parpol.

Pertama, berkontribusi dalam pemenangan, diwujudkan dengan tingkat elektabilitas yang tinggi, dan tingkat kerentanan politik yang rendah. Kedua, berkontribusi dalam memperkuat dan menjaga stabilitas koalisi.

Ketiga, berkontribusi dalam pengelolaan pemerintahan yang efektif; Memiliki visi yang sama dengan Calon Presiden; dan Berkomitmen membangun kebersamaan sebagai dwi-tunggal.

“Beliau tapi yang jelas tidak akan keluar dari 5 kriteria itu yang tadi saya sebutkan jd kita akan melihat figur terbaik yg bisa menjadi pasangan jd capres terbaru capres terbaik pak anies (kurang jelas). Selanjutnya capres terbaik,” tuturnya.

 

(Sumber: Merdeka)

Beri Komentar