Gatot Mulai Lancarkan Kritik ke Jokowi

Eramuslim.com – Sejak resmi pensiun dari TNI, mantan panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo bertekad maju sebagai calon presiden di pemilu 2019. Berbagai upaya sedang ia lakukan. Mulai dari mendekati partai-partai politik, mengorganisir relawan, hingga bermanuver di media massa. Salah satu upaya yang paling kentara ia lakukan adalah mengkritik pemerintahan Presiden Jokowi.

Kritik-kritik yang ia lontarkan meliputi berbagai bidang, seperti mengenai kebijakan tenaga kerja asing, hingga pengelolaan sumber daya dan kekayaan negara.

1. Tenaga Kerja Asing (TKA)

Terkait kebijakan izin tenaga kerja asing. Gatot mengatakan, semestinya Presiden Jokowi lebih memikirkan kondisi di tanah air. Karena tidak dapat dipungkiri, masih banyak masyarakat di Indonesia yang menjadi pengangguran.

Dengan demikian, ia menyarankan agar ada evaluasi untuk membatasi banjirnya tenaga kerja asing di Indonesia.

“Begini, kalau keputusan presiden itu semua jenis tenaga kerja, sedangkan kita masih banyak pengangguran. Perlu dievaluasi, tetap ada pembatasan-pembatasan yang atas segala macam saya pikir tidak masalah,” beber Gatot di Perpusnas, Jakarta, Rabu (25/4).

2. Pengelolaan Sumber Daya dan Kekayaan Negara

Gatot juga mengkritik pemerintah yang dinilai belum mampu mengelola dan memanfaatkan potensi kekayaan negara, baik itu berupa sumber daya alam, maupun sumber daya lain, seperti pertanian.