Gereja Minta Menara Masjid Dibongkar; Yang Biasa Teriak Toleran Kok Pada Bungkam?

Eramuslim.com -Sikap Persekutuan Gereja-gereja di Kabupaten Jayapura (PGGJ) yang mempersoalkan pembangunan Masjid Al Aqsha di Sentani, Papua masih terus jadi pembicaraan hangat para netizen.

Pro Kontra masyarakat netizen menjadi liar karena menyangkut hal yang sensitif. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap masalah pembong­karan menara Masjid Al-Aqsha di Sentani segera diselesaikan dengan musyawarah.

“Selesaikan dengan musyawarah. Kami mendukung penuh langkah-langkah pemuka agama, tokoh masyarakat, dan Pemda yang akan melakukan musyawarah antar mereka,” ujar Lukman di Jakarta.

Menteri asal Partai Persatuan Pembangunan itu mengingatkan regulasi sebagai hukum positif dan hukum adat beserta nilai-nilai lokal agar menjadi acuan bersama.

“Saya minta Kakanwil dan Kakankemenag proaktif dan terus melaporkan progress pe­nyelesaian masalah di sana,” tuturnya.

Sebelumnya, PGGJ menuntut pembangunan menara Masjid Al-Aqsha Sentani dibongkar. PGGJ meminta agar tinggi gedung masjid diturunkan sehingga sejajar dengan tinggi bangunan gedung gereja di sekitarnya.

Warganet dengan akun Supriatna Pribadi @supriatna_priba mendukung pemerintah. “Hendaknya musyawarah terkait pembangunan Masjid Al Aqsha di Jayapura dilakukan dengan damai, jangan sampai terprovokasi,” ujarnya.

Senada, akun @arwidodo juga men­dukung penyelesaian dengan cara-cara damai. “Semestinya kasus pelarangan pembangunan Masjid di Papua tidak perlu terjadi. Mengingat selama ini antara Umat Islam dan Kristen telah terjalin hubungan toleransi yang baik.”