Gerindra: Erick Thohir ‘Stuntman’ Cawapres Jokowi

Eramuslim.com – Partai Gerindra menyindir langkah kubu Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang memilih pengusaha Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sindiran ini dilontarkan oleh politisi Gerindra, Andre Rosiade, yang menyebut Erick memiliki posisi ganda dalam KIK. Selain Ketua TKN, Erick disebut Andre, menjabat sebagai pemeran pengganti atau stuntman dari Cawapres pendamping Jokowi.

Andre menilai, hal ini sangat tampak dalam meme-meme yang dikeluarkan oleh pesaingnya itu. Alih-alih mengeluarkan meme head to head antara Ma’ruf Amin dengan Sandiaga Uno, meme yang bertebaran justru membandingkan Erick Thohir dengan Sandi.

“Itu artinya mereka butuh cawapres stuntman untuk hadapi Prabowo-Sandi, yaitu Erick Thohir,” kata Andre di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (10/9).

Andre menuturkan, jika kubu Jokowi adil, seharusnya yang disandingkan dengan Sandiaga adalah Ma’ruf. Begitu pula ketua timses, yang semestinya Djoko Santoso dibandingkan dengan Erick Thohir.

“Saat ini mereka pilih meme, coba baca narasi yang dibangun Jokowi-Ma’ruf, yaitu Erick Thohir dengan Sandi. Seharusnya apple to apple kan Bang Sandi dengan Kiai Ma’ruf dong. Ini menunjukkan bahwa selain mereka follower, mereka butuh cawapres stuntman,” terang Andre.

Tidak berhenti di situ, Andre bahkan menyebut kubu petahana kerap mencontek strategi yang dilakukan pihak penantangnya.

“Mereka dalam hatinya kaget, karena mereka ini adalah follower. Mulai #2019GantiPresiden, mereka bikin #JokowiDuaPeriode atau #TetapJokowi. Lalu Ijtimak Ulama minta Prabowo cawapresnya dari ulama, mereka pilih Kiai Ma’ruf,” urainya.

“Lalu, ketika Pak Prabowo pilih Bang Sandi yang respons positif, lalu mereka cari ketua timses yang ‘kesandi-sandian’, yaitu milenial, pengusaha muda, kan baca pidato-pidato Jokowi yaitu milenial dan muda berarti pilih ketua timses kesandi-sandian,” sambungnya.

Nama Erick Thohir memang dikaitkan dengan Sandiaga setelah Jokowi mengumumkan Erick Thohir sebagai Ketua TKN. Sandiaga dengan Erick tak dipungkiri memiliki kedekatan.(kl/aktual)