Gerindra Masih Berharap Demokrat Bergabung di Hari Pendaftaran

Eramuslim.com -DPP Partai Gerindra tetap berharap Partai Demokrat bergabung dalam koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ketua DPP Gerindra Habiburokhman harapan itu tetap ada sebelum Prabowo dan Sandi mendaftarkan diri.

Rencananya capres dan cawapres yang didukung Gerindra PKS dan PAN ini akan mendaftar setelah salat Jumat di Masjid Istiqlal.

“Yang jelas kita masih berharap sampai besok pendaftaran, teman-teman Partai Demokrat bisa bergabung,” ujar Habiburokhman kepada wartawan di kediaman Prabowo. Jumat dini hari (10/8).

Terkait munculnya nama Sandi sebagai cawapres, Habiburokhman menjelaskan Prabowo telah meminta izin kepada Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal itu dilakukan sebelum deklarasi Sandiaga Uno di kediaman Prabowo, jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis malam (9/8).

Menurut Habiburokhman selain minta izin, Prabowo tetap meyakinkan SBY bahwa kebijakan yang diambil merupakan jalan yang terbaik.

Prabowo, sambung Habiburokhman, tetap mengharapkan Demokrat bisa bergabung dengan koalisi.

“Pak Prabowo itu tadi sudah ‘kulonuwun’ ke Pak SBY, beliau menyampaikan bahwa inilah yang maksimal yang bisa kita lakukan,” ujar Habiburokhman.

Sebelumnya Prabowo sempat berkunjung ke ke rumah SBY di Mega Kuningan sebelum deklarasi capres dan cawapres yang diusung Gerindra, PAN dan PKS.

Rombongan datang pukul 21.15 WIB, mobil Prabowo dengan nomor polisi B 1710 PSD memasuki gerbang rumah SBY dengan tergesa-gesa. Kedatangan mereka menerobos kerumunan wartawan yang sudah menunggu di depan rumah SBY untuk meminta keterangan.

Keberadaan Prabowo di rumah SBY tidak berlangsung lama. Diperkirakan Prabowo dan rombongan hanya menghabiskan waktu 20 menit.

Demokrat sejauh ini belum menyatakan sikap ingin ikut Gerindra atau koalisi pendukung Joko Widodo.

Namun Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief melalui akun twitter pribadinya @AndiArief_ menyatakan Demokrat tidak berkoalisi dengan Prabowo.

Pagi nanti Majelis Tinggi Partai Demokrat akan bersidang menetapkan kemana Demokrat berkoalisi. Pada pukul 09.00 WIB Pimpinan partai Demokrat akan bergabung dengan partai koalisi lainnya mendaftarkan Capres dan Cawapres di KPU.(kl/rmol)