GP Ansor Pasang Badan, Tim Pembela Ulama Desak Kapolri Tangkap Yaqut

eramuslim.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali didesak untuk segera menangkap Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas, kini seruan itu digelorakan oleh pihak Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA).

Humas TPUA, Azam Khan sejauh ini mengaku pihaknya belum ada rencana untuk melaporkan Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas ke pihak kepolisian terkait pernyataan kontroversi yang menyebut bahwa Kementerian Agama (Kemenag) merupakan hadiah untuk Nahdlatul Ulama (NU).

Pihaknya tentu menyayangkan pernyataan yang menuai polemik tersebut justru datang dari seorang pejabat sekelas Menteri Agama.

“Belum kita rapatkan (untuk dilaporkan). Tapi kita sudah beri statement, itu (penyataan Yaqut) enggak benar. Itu berdasar karena ini keluar dari mulut seorang pemimpin di bagian Kementerian Agama,” kata Azam, menyitat CNN pada Rabu, 27 Oktober 2021.

Azam juga memaparkan, pernyataan Menag Yaqut sebenarnya bukan masuk dalam delik aduan, melainkan masuk dalam delik umum.

Sehingga seharusnya, pihak kepolisian khususnya Kapolri bisa segera menindak atau menangkap Yaqut meskipun belum ada pelaporan dari masyarakat.

“Penyebaran macam gitu, itu harusnya tertinggi Kapolri atau Polri lah harus menyikapi. Karena enggak perlu ada laporan. Harusnya demikian,” tegasnya.