GP Ansor Semarang Adukan Buku SD Tiga Serangkai ke Polisi, Tuding Radikalisme

Eramuslim.com – Ansor Semarang mengadukan penerbit PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri ke Polda Jateng. Ketua PC GP Ansor Kota Semarang, Rahul Saiful Bahri, mengatakan aduan itu lantaran di buku untuk kelas 3 SD yang diterbitkan Tiga Serangkai memuat unsur radikalisme dan mendiskreditkan santri serta kiai.

“Terkait dengan pelaporan buku-buku pelajaran terbitan PT Tiga Serangkai karya Ali Sodiqin ini masih ada poin-poin yang mengarah pada radikalisme dan intoleransi,” ujar Rahul di Polda Jateng, Selasa (16/3).

Rahul menjelaskan, salah satu ajaran radikalisme pada buku itu adalah mengajak siswa untuk membuka situs yang diduga berafiliasi dengan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

“Contoh radikalisme itu adanya referensi buku yang mengarahkan pada portal dakwatuna.com yang kita tahu portal tersebut adalah corong HTI dan kita semua tahu HTI adalah ormas terlarang di Indonesia. Kemarin dicek linknya masih hidup dan itu menurut kami sangat meresahkan,” ujar dia.

Referensi yang disebut berafiliasi dengan HTI tertuang di buku mata pelajaran pendidikan Agama Islam Kelas 3 SMA halaman 12.