Gubernur Lukas Pertanyakan 61 Orang Papua dengan Jokowi di Istana

Menurut Lukas Enembe persoalan yang dihadapi Papua saat ini bukan persoalan sederhana yang bisa diselesaikan dengan membangun Istana Presiden di Papua atau asrama Mahasiswa Nusantara ataupun pemekaran wilayah seperti yang disampaikan oleh 61 orang tersebut.

Presiden Jokowi, menurut Lukas Enembe telah mengagendakan pertemuan dengannya bersama Gubernur Papua Barat. Namun kapan waktu pertemuan itu dilaksanakan belum diketahuinya. Rencana ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat dirinya bertemu Presiden untuk membahas penyelenggaraan PON Papua 2020.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan para tokoh masyarakat dari Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 10 September 2019. Dalam pertemuan itu, para tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat ini menyodorkan sederet permintaan kepada Jokowi.

“Saya perlu sampaikan beberapa hal yang dapat disampaikan oleh rombongan kami pada saat ini dari Papua dan Papua Barat dan menjadi catatan penting dalam pertemuan pada siang ini,” kata ketua rombongan, Abisai Rollo, Selasa, 10 September 2019.

Menanggapi sejumlah permintaan rombongan tokoh Papua, Jokowi menyatakan setuju terhadap pemekaran wilayah di Papua dan Papua Barat. “Mungkin dua sampai tiga dulu,” katanya. [trs]