Gus Baha Bicara soal Habib Rizieq Shihab: Dia Keturunan Rasul, Pasti Baik

Eramuslim.com – Ulama muda Nahdlatul Ulama (NU) Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha memberikan pendapatnya mengenai Habib Rizieq Shihab.

Menurutnya, pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu adalah seorang dzuriyah rasul atau keturunan nabi yang baik.

Dalam sebuah video yang dilansir dari kanal YouTube Kajian Cerdas, Rais Syuriah PBNU itu mengaku sering ditanya pendapatnya soal Rizieq Shihab.

Gus Baha mengatakan bahwa Rizieq Shihab merupakan seseorang yang berkepribadian baik.

“Orang itu sering tanya sama saya. Menurut jenengan, Habib Rizieq itu bagaimana? Saya jawab, Habib Rizieq itu dzuriyah Rasul, nahi munkar pasti baik,” kata Gus Baha dalam ceramahnya yang disitat Hops.id, Rabu (19/8/2020).

Ia kemudian menyebutkan bahwa ulama Quraish Shihab juga sama-sama merupakan dzuriyah rasul. Hanya, cara pandang mereka saja yang membuatnya berbeda.

“Ya saya tidak tahu nantinya tanggung jawabnya kepada Allah seperti apa, kita tidak tahu. Apa yang benar FPI atau ahlussunnah. FPI juga ahlus sunah, karena Habieb Rizieq juga dzuriyah Rosul. Tapi kan kita adil,” jelas Gus Baha.

Ia lantas meminta agar masyarakat bisa menilai seseorang sesuai konteks dan latar belakang, sehingga makna yang timbul tidak menimbulkan kontroversi.

“Saya ingin, yang ngaji sama saya itu, kalau Anda ittiba’ sama habaib, ya bandingannya dengan habaib,” pesan Gus Baha.[]