free hit counters
 

Gus Barok: Kutukan Bagi Penguasa Yang Tidak Suci Memang Ada di Kediri, Tapi Allah Yang Maha Kuasa

Redaksi – Senin, 21 Jumadil Akhir 1441 H / 17 Februari 2020 14:30 WIB

Eramuslim.com -Seskab Pramono Anung mengaku telah melarang Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kediri. Benarkah Kediri wingit atau angker untuk didatangi presiden?

Menurut budayawan sekaligus pendiri Kediri Photograph Museum, Imam Mubarok, pernyataan Pramono baiknya dilihat dasarnya terlebih dahulu. Sebab jika berdasarkan sejarah dan kutukan, apa yang disampaikan sang seskab ada benarnya.

“Kutukan Kartikea Singha, suami Ratu Shima yang juga penguasa Kerajaan Kalingga Utara (pra-Mataram Hindu abad keenam) di Keling Kepung, Kabupaten Kediri. Kartikea Singha, suami Ratu Shima berkuasa di Kalingga Selatan di Keling Kepung Kediri saat itu. Kutukannya cukup jelas, siapa kepala negara yang tidak suci, benar masuk wilayah Kota Kediri maka dia akan jatuh,” kata budayawan yang akrab disapa Gus Barok, Senin (17/2/2020).

Namun kembali lagi bagaimana individu tersebut beriman dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Seperti pada Agama Islam hal ini bergantung kepada keyakinan. Sesuai dengan rukun iman yang keenam yakni iman terhadap Qada dan Qadar Allah (takdir baik dan buruk),” paparnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru