Gus Nur: Ini 5 Musuh Umat Islam Indonesia

Eramuslim – Sugi Mur Raharja atau biasa dikenal dengan Gus Nur menuturkan ada lima musuh utama umat Islam Indonesia yang harus diwaspadai saat ini. Pertama adalah kelompok sekuler, liberal, pluralis, komunis dan syiah.

“Umat Islam itu adalah saudara kita sedulur, sementara sekuler, liberal, komunis, pluralis dan syiah itu adalah musuh kita yang sebenarnya,” ujarnya dalam acara Tabligh Akbar di depan Masjid Al-Fattah Jati, Cemani, Grogol, Sukoharjo pada Kamis malam (18/01/2018).

Menurutnya, sekuler adalah musuh yang paling semangat menjalankan agenda mereka. “Karena sekuler ingin sekali memisahkan negara dari agama, sekuler adalah musuh kita yang paling utama, karena mereka sangat semangat sekali ingin memisahkan agama dari negara,” jelasnya.

Dalam hal ini, Gus Nur menjelaskan bahwa semua yang ada di atas muka bumi ini harus memiliki aturan untuk mengingatkan hal-hal yang tidak baik. Dengan demikian, agama adalah sebagai pengatur kehidupan yang ada di atas muka bumi ini.

“Bisakah negara tanpa agama, keluarga tanpa agama? Ya nggak bisa!” ungkapnya.

Musuh selanjutnya adalah liberal. Liberal adalah sebuah ideologi yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama. Secara umum, lanjutnya, liberal mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas dengan ciri kebebasan berpikir bagi setiap individu.