Habib Abubakar bin Hasan: Saya NU, Saya Pilih 02

Eramuslim.com – Lini masa media sosial Twitter, Selasa (19/3/2019) pagi muncul tanda pagar (tagar) #SayaNUSayaMilih02 dan sempat menduduki lima besar topik yang ramai dibincangkan. Usut punya usut, pencetus tagar ini merupakan tokoh NU Jawa Timur yakni Habib Abubakar bin Hasan yang juga Wakil Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Pasuruan.

Habib Abubakar memiliki alasan mengapa dirinya membuat tagar tersebut? Menurut dia, tagar tersebut merupakan respons atas kampanye hitam yang disampaikan dalam pidato yang dilakukan KH Anwar Iskandar terkait pasangan Prabowo-Sandi. “Intinya selama ini dihembuskan di belakang Paslon 02 itu seolah kelompok radikal. Di kubu 02 itu dianggap kurang NU-nya. Maka secara spontan membuat hastag itu,” ungkap Habib Hasan saat dihubungi INILAH.COM, Selasa (19/3/2019).

Berikut wawancara lengkap INILAH.COM bersama pria kelahiran Pasuruan, 16 September 1974 ini melalui saluran telepon:

Apa alasan Anda membuat hastag #SayaNUSayaMilih02?

Alasan pertama, hal itu untuk merespons pidato KH Anwar Iskandar yang menyatakan seolah-olah kalau yang terpilih pasangan calon 02, tahlilan amaliyah NU akan punah. Intinya selama ini dihembuskan di belakang pasangan calon 02 itu kelompok radikal. Kemudian seakan-akan di kubu 02 dianggap kurang NU-nya. Maka secara tiba-tiba spontan berusaha untuk memberikan penjelasan kepada para warga internet (netizen) karena video KH Anwar Iskandar cukup viral di twitter.