Hadapi Konflik Internal di Elit Parlemen, Akhirnya Obama Gagal Berkunjung ke Bali

obama-pusingPresiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama batal menghadiri  Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC. Obama pun menelefon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atas ketidakhadiran nya di Bali.

“Pada Jumat, pukul  08.15 WIB, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerima telepon dari Presiden Barack Obama,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Dalam pembicaraan telepon tersebut, kata Faizasyah, Presiden Obama menyesalkan tidak dapat menghadiri KTT APEC di Bali sehubungan masih berlangsungnya pembahasan anggaran nasional AS. “Sehubungan dengan pembatalan kunjungan ini, Presiden Obama telah menunjuk Menteri Luar Negeri John Kerry untuk mewakilinya di KTT APEC,” terangnya.

Presiden SBY, kata dia menyampaikan, bahwa dirinya dapat memaklumi pertimbangan terkait ketidakhadiran Presiden Obama di KTT APEC.

“Karena beliau (SBY) juga mengikuti perkembangan situasi di dalam negeri Amerika Serikat dewasa ini,” pungkasnya. (Okz/KH)