Hanya Sehari, Calon Ibu Kota Baru Sudah Diserbu 4 Kebakaran Lahan

Eramuslim.com – Empat kebakaran lahan menyerbu calon ibu kota baru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Peristiwa itu terjadi hanya dalam sehari saja.

Menurut Kepala Sub Bidang Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana atau BPBD setempat Nurlaila. Potensi kebakaran lahan di wilayah Penajam Paser Utara pada musim kemarau memang cukup tinggi.

Kantor berita Antara menulis bahwa kebakaran lahan yang baru saja terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara terjadi bergantian di empat wilayah berbeda dalam satu hari. Empat wilayah Kecamatan Penajam tersebut meliputi kawasan RT 01 Kelurahan Kampung Baru, serta areal lahan milik perusahaan daerah di RT 08 Kelurahan Sungai Paret.

“Empat titik panas (hotspot) di wilayah itu terpantau atau terdeteksi bergantian, dan diduga peristiwa kebakaran itu dipicu faktor alam,” kata Nurlaila.

Hembusan angin kencang membuat kobaran api di lokasi kebakaran lahan tersebut semakin cepat membesar.

“Empat unit mobil pemadam kebakaran sudah diturunkan ke masing-masing lokasi kebakaran lahan dan api baru berhasil dipadamkan sekitar satu setengah jam kemudian,” kata Nurlaila.

Personel yang terlibat dalam kegiatan pemadaman kebakaran lahan tersebut yakni, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, serta Polres Penajam Paser Utara dibantu masyarakat sekitar.