Hari Kelima, Ratusan Buruh SBSI Longmarch Dari Medan ke Jakarta Tuntut Perbaikan Nasib

buruh-2Eramuslim.com – Dewan Pengurus Pusat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPP SBSI) mendukung aksi jalan kaki atau long march yang dilakukan ratusan buruh PT. Pelindo I dari Kota Medan, Sumatera Utara menuju Istana Presiden di Jakarta.

Selain dibahas di dalam Rapat Pleno DPP SBSI yang digelar pada Senin malam (23/1), di kantor DPP SBSI Jalan Tanah Tinggi II Nomor 25, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, para pengurus DPP SBSI juga dengan spontan melakukan aksi solidaritas mengumpulkan dana usai rapat.

Ketua Umum DPP SBSI Prof Muchtar Pakpahan mengatakan, aksi jalan kaki yang dilakukan oleh para buruh PT. Pelindo I yang merupakan anggota SBSI Medan itu mesti didukung.

Dia menghimbau semua pihak untuk memberikan dukungan moral dan juga logistik dalam perjalanan yang diprediksi akan memakan waktu selama satu bulan dari Medan ke Jakarta. Mereka sudah star dari Medan sejak Jumat (20/1).

“Selain mengumpulkan dana solidaritas bagi kebutuhan logistik kawan-kawan yang melakukan aksi jalan kaki dari Medan, DPP SBSI juga akan membuka rekening khusus bagi siapa saja yang tergerak hatinya untuk memberikan sumbangan dan atau bantuannya bagi kawan-kawan buruh yang melakukan long march,” ujar Muchtar usai menggelar Rapat Pleno DPP SBSI seperti dalam rilisnya.

Nantinya, semua sumbangan yang diterima akan dipergunakan bagi perjuangan 350-an buruh SBSI Medan itu dalam aksinya.

“Dan akan dilaporkan secara transparan dan terbuka. Silakan bagi siapa saja yang dengan rela memberikan sumbangan dan bantuannya bagi kawan-kawan kita yang sedang menggelar aksi long march dari Medan,” ujar Muchtar.

Paling tidak, sebanyak Rp 3 jutaan terkumpul secara spontan dari para peserta Rapat Pleno DPP SBSI malam itu.

“Nanti bendahara DPP SBSI akan mengorganisir sumbangan itu, dan dipergunakan untuk kawan-kawan, serta dilaporkan secara transparan,” tutup Muchtar.(kl/rmol)