Heboh Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta Ganti Nama Jadi Traveloka

Eramuslim – Elite PDIP memprotes pergantian nama Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta menjadi nama perusahaan e-commerce terkemuka, Traveloka. Politikus PDIP Darmadi Durianto memprotes cara perubahan nama tersebut yang terkesan melecehkan nama besar dua proklamator RI.

“Nama proklamator diganti, sangat menghina. Saya pribadi sebagai kader PDIP dan anak ideologis Bung Karno merasa terhina,” ujar Darmadi, dalam keterangannya, Senin, 16 September 2019.

Dia khawatir perubahan nama ini akan memunculkan efek jangka panjang terhadap masyarakat. Salah satunya yaitu sosialisasi terhadap masyarakat terkait jasa figur para pendiri bangsa dalam sejarah kemerdekaan.

“Cobranding ini akan jadi branding atau mengarahkan masyarakat untuk hanya tahu ke Traveloka dan secara terang-terangan ingin menghapus nama Bung Karno dari memori masyarakat kita. Ini tidak boleh dibiarkan,” ujar Anggota DPR tersebut.

Menurut dia, mestinya pihak pengelola bandara juga peka dalam historis bangsa. Kata Darmadi, jangan hanya memikirkan soal kepentingan bisnis.

Dia pun menyindir manajemen Angkasa Pura II dan Traveloka bisa belajar terkait Soekarno ke Megawati Institute.

“Pertimbangan AP II hanya soal uang, harusnya pikirkan juga soal nama proklamator yang mengandung nilai sejarah dan tidak akan pernah tergantikan,” jelasnya.

Sebelumnya, Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) kini sudah berganti nama. Perubahan nama ini atas kolaborasi PT Angkasa Pura II dan Traveloka sehingga namanya berubah menjadi Terminal 2 Traveloka.