Hendrajit: Jokowi Hanya Papan Catur Permainan Komprador Migas Asing

freeportEramuslim.com – Pemerintahan Jokowi kembali gaduh. Kali ini kegaduhan dipicu laporan Menteri ESDM Sudirman Said pada MKD atas pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla oleh Ketua DPR Setya Novanto.

Bukan hanya Sudirman dan Setya Novanto yang kian memanas, namun kegaduhan juga dipicu statment Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan yang membantah jika Sudirman Said mendapat restu Presiden Jokowi untuk melaporkan Setya Novanto pada MKD.

Tak hanya itu, kegaduhan pemerintahan Jokowi diperparah dengan statment Wapres JK yang mengatakan jika Menko Luhut berbohong.

Menyikapi geger Freeport, pengamat geopolitik Hendrajit mengakatan Sudirman Said, Luhut, JK, Setya Novanto hingga Reza Chalid hanyalah pion-pion dari para komprador asing.

“Dari awal saya bilang, media jangan terhanyut dengan Novanto dan Sudirman Said. Mereka hanya pion, termaauk Luhut, JK dan Reza Chalid,” jelasnya.

Lebih lanjut Hendrajit mengatakan ini adalah pertarungan antara mantan menteri Pertambangan dan Energi di era Soeharto/Habibie dan Kepala UKP4 di era Presiden SBY Kuntoro Mangkusubroto, dan mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro yang bermain di sektor migas di era Presiden Megawati.

“Ini perang proxy war atau perang perwalian Reza Chalid mewakili Purnomo Yusgiantoro dan Sudirman mewakili Kuntoro Mangunsubroto. Sementara itu Jokowi adalah papan caturnya,” pungkasnya. (ts/fastnewsindonesia)