Ibadah saat New Normal, Aa Gym: Pahami Zonanya dan Hukum dalam Agama

Eramuslim – KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym menyatakan di era kenormalan baru (new normal) nanti umat Islam haruslah mendapat informasi yang benar, akurat, dan lengkap (BAL) terkait tata cara menjalankan ibadah di masjid.

Pasalnya, ungkap dia, setiap wilayah di Indonesia berbeda-beda keadaannya. Maka itu, pasti setiap wilayah pun akan berbeda-beda cara menyikapi penerapan new normal di tengah pandemi corona virus disease (covid-19) ini.

“Andai kata sudah dipahami zonanya seperti apa, kemudian hukum-hukum dalam agama, dalam ibadah, dipahami dari Majelis Ulama, sebetulnya tidak rumit untuk melaksanakan era apa pun namanya ya,” jelas Aa Gym ketika dikonfirmasi Okezone, Minggu (31/5).

Ia menerangkan bahwa hal yang paling penting adalah umat harus paham sekali bagaimana aturan dan risikonya. Sebab tanpa pemahaman yang jelas atau hanya ikut-ikutan bakal menimbulkan masalah baru.

Kemudian Aa Gym juga berharap pemerintah bisa menjelaskan secara lengkap tahapan new normal. Langkah ini agar dimengerti oleh masyarakat di setiap wilayah yang berbeda tersebut dengan pemahaman yang tepat. Jangan sampai satu wilayah mengikuti daerah lain yang tidak tepat.