Ibu Kota Pindah, Emil Salim Khawatir Gedung Kementerian di Jakarta Dijadikan Mal

Eramuslim.com – Ekonom senior Emil Salim menyoroti adanya keterlibatan swasta dalam rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara. Sebagaimana diketahui, pemerintah telah memulai langkah pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Hal yang paling disorot mantan menteri di era Soeharto itu adalah adanya keterlibatan swasta dalam pembangunan gedung-gedung di ibu kota baru.

Keterlibatan swasta ini, menurut Emil, mau tidak mau mengharuskan adanya skema tukar guling alias penyerahan gedung-gedung kementerian dan lembaga yang ada di Jakarta. Bila hal itu terjadi, lanjut Emil, bukan tidak mungkin bangunan-bangunan sejarah itu nantinya beralih fungsi untuk tujuan komersial.

“Jelas beberapa kantor akan pindah dan lazimnya ditempuh tukar guling dengan swasta, maka jika itu berlaku kantor dibangun swasta, sebagai ganti memperoleh kantor di Jakarta. Pertanyaan saya Deplu jika tukar guling tentu swasta yang akan bangun di ibu kota baru, tentu akan tertarik dengan komersial gedung tersebut,” ujar Emil dalam diskusi terkait pemindahan ibu kota yang digelar Narasi Institute, Jumat (16/4).