free hit counters
 

ICW Duga Ada Kekuatan Besar yang Melindungi Harun Masiku

Redaksi – Selasa, 11 Rabiul Awwal 1443 H / 19 Oktober 2021 11:11 WIB

 

Harun Masiku

eramuslim.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini belum bisa menangkap daftar pencarian orang (DPO) Harun Masiku . Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat, kini sudah genap 650 hari Harun Masiku  belum dapat ditangkap oleh KPK.

“Pada hari ini, 19 Oktober 2021, genap 650 hari Harun Masiku   belum dapat ditangkap oleh KPK. Tentu ini semakin menguatkan dugaan masyarakat bahwa KPK sedari awal memang tidak mempunyai niat untuk menuntaskan perkara suap pergantian antar waktu anggota DPR RI,” kata peneliti ICW , Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Selasa (19/10).

Menurut Kurnia, hambatan KPK mengusut perkara ini bermuara pada dua hal. Pertama, rendahnya komitmen Pimpinan KPK dalam mencari keberadaan Harun Masiku  .

“Ada sejumlah indikator sebelum tiba pada kesimpulan ini. Misalnya, ketika Pimpinan KPK memiliki keinginan untuk memulangkan paksa penyidik perkara tersebut ke instansi asalnya, lalu gagalnya KPK saat ingin menyegel kantor PDIP, dan terakhir pemecatan sejumlah penyelidik dan penyidik yang selama ini menangani perkara tersebut melalui tes wawasan kebangsaan,” papar Kurnia.



Kedua, diduga kuat ada kekuatan besar yang melindungi mantan calon anggota legislatif tersebut. Hal ini menyusul indikasi adanya pejabat teras sebuah partai politik yang terlibat.

“Sederhananya, jika Harun tertangkap, maka besar kemungkinan pejabat teras partai politik tersebut akan turut terseret proses hukum,” ucap Kurnia.

Oleh karena itu, ICW meminta Dewan Pengawas harusnya segera memanggil Pimpinan KPK dan Deputi Penindakan untuk menelusuri hambatan utama dalam pencarian Harun. Hal ini untuk mengklarifikasi kinerja Pimpinan KPK yang dikomandoi Firli Bahuri dalam menangkap  Harun Masiku .

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru