IHBF 2010 Akan Dibuka Wapres

Event akbar The 1st Indonesia International Halal Busines and Food Expo (IHBF) 2010 akan segera digelar. Langkah awal Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia dimulai dari event tersebut. Karena pentingnya acara yang akan dihadiri oleh beberapa negara tetangga tersebut, tak heran, orang nomor satu dan dua di republik ini pun dijadwalkan akan membuka dan menutup perhelatan tersebut.

Wapres dijadwalkan akan membuka IHBF 2010 pada 23 Juli mendatang, sekitar pukul 9 pagi. Tak pelak, sesuai protokoler kepresidenan, sejak sehari sebelumnya, Jakarta Convention Center (JCC) sebagai lokasi acara akan disterilisasi sebagai pengamanan.

“Sampai hari ini, wapres sudah mengkonfirmasi akan hadir untuk membuka IHBF 2010,” ujar Amidhan, Ketua MUI, dalam konferensi pers IHBF 2010 di Gedung MUI, Jakarta, Rabu (14/7).

IHBF 2010 merupakan event yang digagas oleh LPPOM MUI bekerja sama dengan Performax sebagai event organizer. Berbagai acara akan digelar dalam kegiatan tersebut, di antaranya Global Halal Forum yang akan mendiskusikan seputar sertifikasi halal, standar halal dunia, dan berbagai pengaturan produk halal lainnya. Hadir dalam forum tersebut antara lain: badan sertifikasi halal dari AS, Eropa, New Zealand, Amerika Latin, dan Asia. Selain itu, IHBF 2010 ini merupakan ajang internasional yang digadang akan mampu menyamai rekor Malaysia dalam menggelar kegiatan serupa. Dalam MIHAS (Malaysia International Halal Showcase) yang digelar akhir Juni lalu, Malaysia mampu menghadirkan 600 stand produk halal. Memang, perhelatan tersebut sudah memasuki tahun ke-7 di Malaysia dan karena itu, Malaysia mengklaim sebagai ‘halal hub’. Sementara, Indonesia yang baru akan menggelar IHBF pertama kalinya sudah ingin mencanangkan untuk menjadi ‘pusat halal dunia’.

Untuk mengejar Malaysia, pihak panitia mengakui, sudah mentargetkan dapat menghadirkan 150 stand produk halal dalam expo tersebut. Nantinya, dengan prediksi pertumbuhan peserta 15% per tahun, Indonesia diharapkan dapat mengumpulkan lebih dari 600 stand pada tahun ke-7. Menurut Rifda Ammarina, Ketua Penyelenggara IHBF 2010 dari Performax, target 150 stand tersebut sudah terlewati karena sudah ada 170 stand yang mengkonfirmasi akan hadir.

“Namun, ada pula perusahaan yang belum mengkonfirmasi secara tertulis. Oleh karena itu, kami masih menunggu konfirmasi mereka sebelum acara digelar,” ujar Rifda.

Semua perusahaan yang mengikuti event ini merupakan perusahaan yang telah diberikan sertifikasi halal oleh MUI. Artinya, kehalalannya sudah diakui. Event ini juga menjadi ajang bagi perusahaan untuk memperluas market dan menjaring lebih banyak konsumen. Tak hanya perusahaan di bidang industri pangan, kosmetika, obat-obatan, perbankan syariah dan travel agent halal pun dapat mengikuti kegiatan ini. Jika perusahaan Anda sudah disertifikasi halal oleh MUI dan ingin mengikuti event ini, silakan menghubungi Performax, telp: 021-782 0523. (ind)